01 September 2018

30 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang biasa digunakan para ibu untuk bumbu masakan. Ada beberapa jenis jahe, salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang paling banyak di bandingkan dengan jenis jahe lainnya.
Minyak inilah yang membuat jahe memiliki rasa yang pedas dan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat dan jamu tradisional. Jahe merah juga beraroma sangat tajam.




Rimpang jahe merah berukuran kecil dengan balutan kulit berwarna merah dan menyimpan serat lebih banyak dibanding jahe biasa. Jahe merah mudah tumbuh di tempat yang terbuka ataupun tempat yang agak ternaung, seperti pekarangan dan kebun. Selain itu juga bisa tumbuh di tanah kering atau gembur, dengan ketinggian mencapai 900 meter diatas permukaan laut. Dalam penggunaannya sebagai obat, jahe merah sering dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya. Jahe merah memiliki manfaat yang lebih besar dibanding jenis jahe lainnya. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat jahe merah untuk kesehatan tubuh :

1. Menurunkan Berat Badan

Jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menjadikannya sebagai panas tubuh. Jahe mengandung sedikit kalori yang tidak akan menyebabkan berat badan naik meskipun dikonsumsi terus menerus.

2. Menjaga Kondisi Jantung

Jika tubuh kebanyakan menyimpan kolesterol dan minyak, dimana minyak tersebut terdiri dari susunan lemak hewani dan nabati maka bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Kandungan pada jahe bisa berperan sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

3. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Minum wedang jahe sebelum berkendaraan jauh bisa mencegah mabuk perjalanan, karena jahe bersifat anti mual. Selain itu bisa dijadikan bekal diperjalanan untuk menghangatkan badan.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sistem pencernaan yang terganggu seperti rasa sakit dan kram yang muncul menjelang haid bisa diatasi dengan minum air jahe secara rutin.

5. Mengatasi Morning Sickness

Biasanya ibu hamil akan mengalami mual pagi atau istilahnya morning sickness karena pencernaan yang terganggu. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa minum wedang jahe atau kopi hangat setiap kali merasakan mual di pagi hari.

6. Mencegah Kanker Usus

Salah satu penelitian di Amerika menunjukkan jika rutin mengonsumsi minuman atau makanan yang berbahan dasar jahe bisa mencegah penyakit kanker koloretal atau usus besar.

7. Mengobati Sakit kepala

Bekerja seharian bisa memicu stres yang berlebih, hal ini bisa mendatangkan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, setelah pulang cobalah untuk menikmati secangkir wedang jahe agar otak menjadi fresh serta tubuh terasa nyaman.

8. Mengobati Alergi

Jahe juga memiliki sifat anti alergi, karena di dalamnya mengandung senyawa yang sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi.

9. Mengobati Mual dan Masuk Angin

Masalah yang timbul pada pencernaan akan membuat perut mual dan ingin muntah, kondisi tersebut juga biasa terjadi pada seseorang yang mengalami masuk angin. Jangan langsung meminum obat warung untuk mengatasinya, tetapi cobalah dengan meminum air jahe agar lambung menjadi nyaman dan hangat.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang kebal terhadap serangan penyakit, Anda harus meningkatkan sistem dalam tubuh atau yang dikenal dengan imun. Jika imun dalam tubuh kuat, maka bakteri jahat yang akan menyerang akan dilawan. Untuk menambah sistem imun dalam tubuh, Anda bisa meminum wedang jahe secara teratur.

20 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan Lainnya:

  1. Menyembuhkan rematik.
  2. Menghilangkan gatal pada tenggorokan.
  3. Mengontrol gula darah.
  4. Melancarkan sistem peredaran darah.
  5. Menangkal radikal bebas.
  6. Membasmi bakteri dan zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.
  7. Obat kompres untuk menurunkan suhu tubuh.
  8. Mengobati migraine atau sakit kepala sebelah.
  9. Mengobati batuk berdahak dan kering.
  10. Mengatasi masalah perut kembung yang diakibatkan oleh usus yang teriritasi.
  11. Mengobati sakit gigi dengan dibuat berkumur.
  12. Mengobati luka akibat bisa ular.
  13. Mencegah peradangan.
  14. Meringankan rasa nyeri saat haid.
  15. Meredakan rasa nyeri pada otot.
  16. Mengatasi jerawat dengan cara mengoleskan karena yang berjerawat.
  17. Meningkatkan nafsu makan pada anak.
  18. Melegakan pernafasan.
  19. Mengatasi gangguan seksual.
  20. Menjaga kesehatan tulang.

Demikian tadi beberapa manfaat dan khasiat jahe merah bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan setelah mengonsumsi tanaman rimpang ini. Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis tanaman disekitar kita yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain untuk kesehatan jahe merah juga bisa digunakan untuk kecantikan. Karena minyak atsiri yang terkandung di dalam nya bisa mencegah terjadinya penuaan dini dan menghilangkan keriput. Untuk dikonsumsi jahe merah tidak hanya di buat wedang melainkan bisa diolah menjadi camilan yang nikmat.
 Sumber : khasiat.co.id

No comments:

Post a Comment

KIRIMKAN MASUKKAN SOBAT MENGENAI POSTINGAN DAN BLOG INI !!
PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN JEJAK.