02 September 2018

15 Manfaat dan Khasiat Kulit Kacang untuk Kesehatan

Pernahkah membayangkan memanfaatkan kulit kacang untuk sesuatu? Misalnya untuk meningkatkan kesehatan? Sepertinya mayoritas orang tidak pernah membayangkan hal yang seperti ini. Karena lazimnya kulit kacang itu dibuang. Pasalnya, yang dimakan toh adalah biji kacangnya. Kacang yang sedang dibicarakan di sini tentu saja adalah kacang tanah. Struktur dari jenis kacang ini memang memiliki kulit yang tebal dan keras seperti cangkang. Sedangkan yang dimaksud dengan kulit kacang bisa merujuk pada dua hal, yaitu: kulit ari (kulit tipisnya) dan kulit cangkang (kulit luarnya). Untuk kulit ari tentu saja masih ditolerir pemanfaatannya. Orang masih mau saja memakan kulit ari kacang tanah, meski konon bisa menyebabkan jerawat. Namun di sisi lain ada anggapan bahwa kulit ari kacang itu baik untuk meningkatkan mood. Dari yang tadinya bad mood menjadi good mood.


 
Pemanfaatan kulit kacang untuk kesehatan tidaklah bergantung pada kulit ari. Melainkan pada kulit cangkangnya. Struktur keras yang biasanya dibuang ini rupanya diam-diam memendam manfaat yang melimpah untuk tubuh. Seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Bisa Menghilangkan Karang Gigi

Ini adalah manfaat kulit kacang yang sungguh unik. Biasanya seseorang mesti melakukan scaling untuk membuang karang giginya. Alat scaler yang terbukti ampuh bisa membersihkan plak dan karang gigi. Bahkan konon mencongkel karang gigi sendiri dengan bantuan benda tajam seperti jarum misalnya, itu bahaya.
Tapi kini buat yang terbatas aksesnya menuju klinik praktek dokter gigi. Ada cara yang tidak lazim namun terbukti ampuh menghilangkan karang gigi. Yaitu dengan bantuan kulit kacang. Mula-mula kulit kacang seberat 50 gram direbus bersama air putih bersih. Rebuslah hingga mendidih. Diamkan sampai panasnya berkurang. Celupkan sikat gigi ke air rebusan kulit tadi. Kemudian sikat giginya dipakai menggosok permukaan gigi yang ada karangnya. Lakukan ini rutin setiap hari sekali. Sampai karang hilang seluruhnya.

2. Untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah musuh semua orang. Penyakit kolesterol bisa berdampak fatal bila dibiarkan karena akan memicu stroke. Orang yang kolesterolnya tinggi juga sering sakit kepala. Lemas bawaannya dan pegal-pegal badan. Untuk menurunkan kolesterol, ternyata manfaat kulit kacang ini ampuh banget.

3. Menyembuhkan Asam Urat

Khasiat kulit kacang juga baik untuk menyembuhkan asam urat. Buat yang sering kumat asam uratnya bisa mencoba air rebusan kulit kacang. Meski rasanya tidak enak, tapi sudah banyak yang mencoba dan berhasil. Sebaiknya pilihlah kacang tanah yang masih muda, supaya rasanya jauh lebih enak.

4. Mengandung Kalsium

Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk tubuh. Fungsinya untuk menguatkan tulang dan gigi agar padat dan tidak rapuh. Ternyata kalsium sangat banyak terkandung dalam kulit kacang. Sungguh sayang sekali kalau dibuang kulitnya. Semoga ada terobosan di bidang teknologi pangan, untuk mampu mengolah kulit kacang jadi lebih enak.

5. Memiliki Kadar Potassium

Selain itu, kulit kacang juga mengandung potassium yang baik untuk kesehatan otot. Membuat otot jadi lentur dan tidak tegang lagi. Manfaat kulit dari kacang tanah ini cocok untuk para lansia yang memiliki kelenturan otot yang lemah.

6. Mengandung Mangan

Mangan sangat baik untuk kesehatan tulang. Sebagaimana kalsium dan fosfor, fungsi mangan menunjang struktur tulang supaya senantiasa kuat. Manfaat kulit kacang yang mengandung mangan ini terus dikembangkan penelitiannya. Agar di masa depan, mineral mangan dalam kulit kacang tanah ini benar-benar bisa dimanfaatkan secara luas.

7. Memiliki Kandungan Zink

Selain itu, ternyata khasiat kulit kacang juga mengandung zink. Tahukah apa itu Zink? Ini adalah mineral yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan akar rambut. Bisa mencegah rambut botak dan rusak.

8. Mengandung Zat Besi

Manfaat kulit kacang pun mengandung zat besi. Yang begitu baik untuk tubuh. Penyakit kekurangan zat besi kan bahaya. Menimbulkan anemia. Untuk itu, seseorang mesti segera menaikkan kadar zat besi dalam tubuhnya. Misalnya dengan konsumsi kulit kacang tanah ini.

9. Memiliki Kadar Sodium

Sodium juga ditemukan dalam kulit kacang. Manfaat sodium sanggup membuat tubuh jadi kuat. Mencegah penyakit gondok dan autoimun.

10. Bisa Menghasilkan Elektrolit (Listrik)

Di balik kulit kacang mengandung elektrolit yang bisa menjadi energi listrik yang baik untuk tubuh.
Itulah tadi beberapa manfaat kulit kacang yang bisa diambil oleh manusia.
Beberapa manfaat lainnya juga ditemukan seperti di bawah ini:

5 Manfaat Kulit Kacang yang Lainnya:

  1. Terdapat Kandungan Fosfor
  2. Mengatasi Stress yang Sedang Melanda
  3. Melancarkan Peredaran Darah
  4. Membuang Lemak Jahat
  5. Meningkatkan Nafsu Makan


Sumber : khasiat.co.id

No comments:

Post a Comment

KIRIMKAN MASUKKAN SOBAT MENGENAI POSTINGAN DAN BLOG INI !!
PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN JEJAK.